Struktur Navigasi merupakan struktur atau alur dari suatu program yang merupakan rancangan hubungan (rantai kerja) dari beberapa area yang berbeda dan dapat membantu mengorganisasikan seluruh elemen pembuatan Website.


Menentukan struktur navigasi merupakan hal yang sebaiknya dilakukan h sebelum membuat suatu aplikasi. Ada 4 (empat) macam bentuk dasar dari struktur navigasi yang biasa digunakan dalam proses pembuatan aplikasi.

Macam-macam Struktur Navigasi Pada Website

  • Struktur Navigasi Linier

Struktur navigasi linier hanya mempunyai satu rangkaian cerita yang   berurut, yang menampilkan satu demi satu tampilan layar  secara berurut menurut urutannya. Tampilan yang dapat ditampilkan pada sruktur jenis ini adalah satu halaman sebelumnya atau satu halaman sesudahnya, tidak dapat dua halaman sebelumnya atau dua halaman sesudahnya.

Contoh dari Linier

  • Struktur Navigasi Non-Linier

Struktur navigasi non-linier atau struktur tidak berurut merupakan pengembangan dari struktur navigasi linier. Pada struktur ini diperkenankan membuat navigasi bercabang.

Contoh dari Non-Linier

  • Struktur Navigasi Hirarki

Struktur navigasi hirarki biasa disebut struktur bercabang, merupakan suatu struktur yang mengandalkan  percabangan untuk menampilkan data berdasarkan kriteria tertentu. Tampilan pada menu pertama akan disebut sebagai Master Page (halaman utama pertama), halaman utama ini mempunyai halaman percabangan yang disebut Slave Page (halaman pendukung).

Contoh dari Hirarki

  • Struktur Navigasi Campuran

Struktur navigasi campuran merupakan gabungan dari ketiga struktur sebelumnya yaitu linier, non-linier dan hirarki. Struktur navigasi ini juga biasa disebut dengan struktur navigasi bebas.

Contoh dari Campuran

Tag adalah text khusus (markup) yang biasanya terdiri dari pembuka dan penutup. Untuk penulisan tag pembuka adalah <nama> sedangkan penutup dengan </nsama>. Jadi perbedaan antara tag pembuka dan penutup hanya terletak pada garis miring.

Ini adalah contohnya
<!DOCTYPE html>
<html lang="id" dir="ltr">
<head>
<meta charset="utf-8">
<title>Selamat Belajar HTML</title>
</head>
<body>
<h1>Belajar HTML</h1>
<p>Hai semuanya, nama saya Elvari dari Bank Bukupin</p>
</body>
</html>
Jadi, kita memiliki tag html lalu didalamnya terdapat tag head dan body. Sebagai catatan, semua kode html harus ditulis didalam tag html.

Lalu, tag head berfungsi untuk menyimpan informasi dari sebuah halaman misalnya title(Judul dari sebuah Halaman) dan meta(pengkodean karakter UFT-8).

Sedangkan bagian tag body akan ditampilkan ke browser. Dan pada contoh diatas kita memasukan tag h1 dan p didalam tag body.

Nah, seperti yang anda lihat. Hampir semua setiap tag pembuka memiliki tag penutup (contoh: <h1>tulisan </h1>). Sebagai tips, tulislah html dengan jarak menonjol antar tag. Fungsinya: untuk memudahkan dalam melihat struktur html yang anda tulis.

PHP adalah bahasa pemrograman umum yang berarti php dapat disematkan ke dalam kode HTML, atau dapat digunakan dalam kombinasi dengan berbagai sistem templat web, sistem manajemen konten web, dan kerangka kerja web.

Kemudian untuk  jawaban soal nomor 6, kami jawab melalui Google Drive yang telah diberikan, dan diblog ini hanya kami tampilkan gambarannya saja.

Tugas ini dikerjakan oleh kelompok 4, dengan anggota (Elvari Faisal, Naufal Nasrullah, Rehan Hardiansyah, Ahmad Muthawalli Mustofa dan juga Hani Aditya). Terima kasih.


Tugas 2 Web Program silahkan klik Disini

Tugas 3 dan 4 Web Program silahkan klik Disini

Tugas 5 Web Program silahkan klik Disini

Tugas Pegawai Konoha silahkan klik Disini

Post a Comment